Jenis software

0 komentar

Terdapat beragam jenis software yang ada, tetapi secara umum kita dapat membaginya ke dalam beberapa kategori. 
1. Berdasarkan tingkat fungsi, software terdiri dari:
  • Program aplikasi (application program). Seperti Microsoft Office, Open Office, dan lain-lain.
  • Sistem operasi (operating system). Seperti Microsoft Windows, LINUX, dan lain-lain.
  • Tingkat bahasa pemrograman. Tingkat bahasa pemrograman ini dibagi lagi menjadi bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti Cobol, Pascal, dan bahasa pemrograman tingkat rendah, seperti bahasa rakitan).
2. Berdasarkan tipe kegunaan, software terdiri dari:
  • Driver. Software ini membuat komputer dapat berinteraksi dengan perangkat keras tambahan, seperti printer, scanner, modem, TV tuner, dan lain-lain.
  • Aplikasi Office. Untuk keperluan pekerjaan kantor, seperti Microsoft Office (Word, Excel, Power Point), Open Office, dan lain-lain.
  • Desain Grafis. Software yang berkaitan dengan pekerjaan desain, seperti aplikasi Corel, Adobe Photoshop, dan lain-lain.
  • Software Pendidikan. Jenis software ini digunakan untuk keperluan pendidikan, seperti  aplikasi yang menunjang pembelajaran Matematika, Kimia, Bahasa asing, dan lainnya.
  • Pemeliharaan Komputer (maintanance). Program yang berfungsi untuk memelihara dan memperbaiki kinerja komputer. Misalnya Tune up utilities, CC Cleaner, Advance system care. Termasuk juga program-program Anti virus.
  • Internet Software. Yaitu aplikasi yang berfungsi sebagai mediasi internet. Dalam kategori ini antara lain, Web Browser (Internet Explorer, Mozilla, Opera, Chrome), Downloader (IDM, Riptiger), Instant Messenger (YM, Skype, ICQ), Firewall.
  • Games. Software ini diperuntukkan entertainment, ada beberapa kategori dalam jenis software ini, sebut saja MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, role playing games, dan game petualangan.
  • Multi media. Termasuk di dalamnya program pemutar dan aplikasi editor file media digital, seperti file music dan video. Contohnya Winamp, Power DVD, U-lead, Premiere.
3. Berdasarkan distribusi, software terdiri dari:
  • Software berbayar, adalah program komputer yang didistribusikan untuk tujuan komersil, pengguna komputer yang ingin memakai software jenis ini harus membeli pada pihak yang mendistribusikannya. Biasanya software berbayar tidak diizinkan untuk disebarluaskan dengan bebas tanpa izin. Termasuk software jenis ini di antaranya adalah Microsoft Windows, Microsoft Office, Adobe Photoshop, dan lain-lain.
  • Software gratis atau freeware, adalah program komputer mempunyai hak cipta tetapi gratis tanpa biaya sedikit pun, tanpa syarat jangka waktu tertentu. Para pengembang freeware seringkali membuat program gratis untuk disumbangkan kepada masyarakat, tetapi tetap ingin mempertahankan hak ciptanya sebagai pengembang dan pemilik kendali untuk pengembangan selanjutnya. Contoh yang paling populer adalah Suite Browser, Mozilla.
  • Free Software, adalah aplikasi komputer yang lebih bebas untuk digunakan tetapi tidak mesti gratis. Perangkat lunak kategori ini sering kita kenal dengan istilah Open Source. Program jenis ini dengan mudah diperoleh, dapat digunakan, boleh di-copy, diubah, dan didistribusikan dengan bebas. Jadi free software tidak berasumsi kepada gratis pembelian seperti halnya freeware, tetapi lebih kepada bebas penggunaan dan pendistribusian.
  • Shareware, perangkat lunak yang bebas digunakan, gratis, tetapi dibatasi oleh waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas yang dimaksudkan sebagai demonstrasi atau versi evaluasi. Biasanya diluncurkan dengan fitur dan fungsi terbatas, atau dengan batas waktu tertentu (misalnya 15 atau 30 hari). Jadi, program jenis ini memberikan kesempatan pada pengguna untuk menguji suatu produk software sebelum membelinya.
  • Adware, ialah perangkat lunak gratis yang bebas sepenuhnya, tetapi terdapat tujuan periklanan di dalamnya. Misalnya aplikasi Messenger dari Microsoft atau Yahoo Messenger dari Yahoo! yang menampilkan iklan banner atau pop-up ketika kita sign in.

komentar (0)

Posting Komentar

Tukeran Link

affiliate program

EARN INCOME FROM YOUR WEBSITE

Turn your valuable webpage traffic into income. Work online and join our free money making affiliate program. We offer the most payment rate to help maximize your money stream.

Join our cash making program absolutely no charge and 100% risk free.

Sign Up...

0 (ZERO) INVESTMENT PROGRAM

We designed this free money program specially for NO SETUP FEE methods, to make hundreds, if not millions of dollars, without spending money.

Get revenue after you not working

Create multiple new revenue incomes each and every minute. Get revenue after you stop working or even retire at an early age with a powerful income stream. Do this one time and get paid over and over again. It's best time to create mind-blowing new levels of profit and success on the Internet.Income while you sleep

REVENUE WHILE YOU SLEEP

Earn $100... $200... $500...

Turn your blog traffic into cash!
You get paid for every visitor that clicks on our advertizing. Our goal is to help you to receive as much as possible from your web site. We pay monthly, either by check, or using PayPal.

ItShrunk Short URL Service : Itshrunk.com Simple Shrink URL and ItShrunk Short URL Service - Shrink URL - Professional short URL cloaking service with bulk URL submission, password-protected URLs, temporary URLs, marketing, tinyURL, bit.yl, affiliate, sales, market, brand, twitter, shrink URL twitter, redirect, webmast

Total Pageviews

kosong

gg

Slidershow

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "


Shoutbox

Mau punya buku tamu seperti ini?
Klik di sini (Info Blog)